Minggu, 10 November 2013

JAKARTA SAAT LEBARAN DIGUYUR BANJIR

16 Ribu Warga Jakarta Kebanjiran saat Lebaran

Add caption

 Seorang warga menyelamatkan hewan ternak saat banjir yang melanda tempat tinggalnya di Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, (23/11). TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat

 

TEMPO.CO, Jakarta - Banjir terjadi di beberapa titik lokasi di kawasan Jakarta pada Kamis, 8 Agustus 2013. Banjir yang bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri itu terjadi di 3 wilayah Jakarta, yakni Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

“Kita sudah instruksikan kepada jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta” kata Ery Basworo, Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah kepada Tempo, hari ini Jumat 9 Agustus 2013.

Banjir ini berakibat pada terganggunya perayaan lebaran 16.311 ribu jiwa penduduk Jakarta. Sebanyak 400 warga di area Kelurahan Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan pun sempat diungsikan karena banjir cukup tinggi. Di seluruh wilayah Jakarta, setidaknya lima kecamatan menjadi wilayah genangan air dengan tinggi bervariasi antara 10 hingga 10 sentimeter.
Banjir di Jakarta kali ini berupa banjir kiriman dari Bogor. Hujan yang mengguyur sejak pukul 02.00 dini hari menyebabkan beberapa titik tergenang.

Belum dipastikan berapa kerugian yang diderita atas banjir kali ini. Pihak BPBD masih melakukan pendataan jumlah korban dan bantuan yang dibutuhkan. Di beberapa wilayah seperti Kedoya dan Kebon Jeruk, Banjir sudah mulai surut. Para pengungsi pun sudah mulai pulang ke rumah masing-masing.

Menurut prediksi cuaca dari Badan Meteorologi dan Geofisika, cuaca di sebagian wilayah Jakarta mendung hingga hujan ringan. Kondisi tersebut masih akan berlangsung hingga esok hari pada Sabtu, 10 Agustus 2013. Hujan ringan hingga sedang berpotensi terjadi esok hari di kawasan Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat.

NURUL MAHMUDAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar